Kamis, 23 Januari 2014

BUTUH DISKUSI

Nyi Hajar Dewantara karya Bambang Soekamti Dewantara, Seri di Mata Hatta: Pribadi Manusia Hatta (Serial nomor 9) yang diterbitkan Yayasan Hatta , Hatta: Aku Datang Karena Sejarah karya Sergius Sutanto, Hoegeng: Polisi dan Menteri Teladan karya Soehartono, Pulang karya Leila S. Chudori. Demikian adalah beberapa judul buku yang baru-baru ini selesai kubaca. Alhamdulillah nampaknya ini menjadi sebuah peningkatan yang signifikan karena biasanya aku membaca paling banyak 2 buku saja selama sebulan. Total sudah lima buku yang kubaca selama Januari ini (baca: Liburan). Tiga buku biografi tokoh dan dua adalah novel sejarah. Memang aku sangat menggemari bacaan berkategori biografi, ataupun antologi cerpen dan novel. 

Namun, kini agaknya  aku menyadari bahwa selama ini membaca hanya menjadi aktivitas yang serupa dengan mandi dan buang hajat saja. Bersifat soliter. Tak ada kawan yang mengajak atau diajak diskusi.

Tiba-tiba pikiranku melayang dan teringat petuah filsuf India bernama Swami Vivekananda "Jangan bikin kepalamu menjadi perpustakaan. Pakailah pengetahuanmu untuk diamalkan.". Atau juga sepotong sajak dari Wiji Thukul " Apa guna baca buku kalau mulut kau bungkam melulu".  Kata-kata mereka sungguh amat menyentil.

Ah, sejujurnya aku sungguh ingin berada ditengah-tengah arena diskusi atau forum bedah buku. Berbagi olah pikir dengan beberapa orang tentang apa yang baru-baru ini sudah dibaca. Membandingkan perspektif atau sudut pandang dari kacamata masing-masing. Itulah yang aku sesali mengapa dulu sejak menjadi mahasiswi semester awal aku tidak menjadi penggiat organisasi atau forum yang mengadakan diskusi. Malah menjadi mahasiwi kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Dan sekarang mencari teman yang memiliki kesukaan atau minat bacaan saja sulit. Mau diskusi dengan siapa? Atau mungkin teman-teman blogger, adakah?  


Kamis, 23 Januari 2014
Eka Sari Handayani

2 komentar:

  1. bikin page khusus diskusi kayak'e bagus nih. nanti bisa pake fitur comment

    BalasHapus
  2. Ide yang bagus. Tapi aku lebih ingin jadi peserta diskusinya saja sih sebenarnya. Bukan jadi fasilitatornya. Hehe

    BalasHapus

Powered By Blogger